Translate

Relay-relay pada honda beat PGM-Fi non ISS tahun 2013

 Artikel ini mengulas singkat tentang relay-relay yang terdapat didalam unit sepeda motor honda beat PGM-Fi non ISS tahun 2013. Referensi berasal dari wiring diagram sistem kelistrikan yang disarikan dari service manual honda beat PM-Fi non ISS. Artikel ini akan membantu Bro-Sis untuk mendapatkan pemahaman lebih baik tentang relay-relay yang terdapat didalam honda beat PM-Fi non ISS tahun 2013. 

Terdapat dua buah relay didalam honda beat PGM-Fi non ISS tahun 2013. Yaitu relay utama dan relay starter. Relay utama berfungsi untuk mengontrol suplai arus listrik sistem kelistrikan sekunder, sementara relay starter berfungsi untuk mengontrol aktifasi motor starter.

Sistem kelistrikan sekunder yaitu sistem yang bekerja secara terpisah dengan sistem kelistrikan utama (main system)/ sistem kelistrikan primer, sehingga ketika terjadi kegagalan tidak mengganggu kinerja sistem kelistrikan primer. Yang termasuk dalam sistem kelistrikan sekunder adalah: sistem klakson, sistem sein, sistem starter dan sistem lampu-lampu intrument pada dashboard

Sedangkan sistem kelistrikan primer bertanggung jawab atas hidup-mati dan nyamannya kendali mesin. Yang termasuk didalam sistem kelistrikan primer ini adalah: sistem injeksi bahan bakar elektronik, sistem pengapian, sistem pengisian baterai/ aki. 

ON dan OFF sistem kelistrikan primer ini dikontrol sepenuhnya oleh kunci kontak via sekring utama 15 ampere dan kiprok tanpa menggunakan relay.

Untuk mengaktifkan relay utama ini diperlukan syarat: (1) Kunci kontak harus ON untuk memberikan tegangan positif pada salah satu pole/ kaki koil relay, (2) ECM harus memberikan tegangan negatif untuk pole/ kaki koil relay yang satunya, (3) ECM harus ON agar bisa mengeluarkan tegangan negatif yang diperlukan untuk mengirimkan tegangan negatif menuju relay utama.

Sedangkan untuk mengaktifkan relay starter, maka diperlukan syarat: (1) adanya power suplai positif dari ECM untuk salah satu pole/ kaki koil relay starter, (2) adanya power suplai negatif dari ECM untuk koil relay starter. Jadi aktifasi relay starter ini dikontrol oleh ECM sehingga membuat sistem starter pada honda beat PGM-Fi non ISS tahun 2013 menjadi lebih canggih.

Semoga artikel ini membantu dan semoga beruntung, salam (PRO).

Relay-relay didalam honda beat PGM-Fi non ISS tahun 2013




 

Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok yamaha mio karbu

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi