Translate

Cara pengecekan relay STARTER-honda beat PGM-Fi non ISS tahun 2013

 Artikel ini mengulas secara sederhana tentang fungsi-fungsi yang terdapat pada kaki relay starter honda beat PGM-Fi non ISS tahun 2013. Artikel ini akan membantu Bro-Sis dalam mendapatkan pemahaman lebih baik terkait cara pengecekan relay starter untuk digunakan dalam berbagai kebutuhan termasuk kebutuhan penyelesaian masalah/ trouble shooting pada sistem starter elektrik pada sepeda motor honda beat PGM-Fi non ISS tahun 2013.

Nomer kaki-kaki pada relay starter honda beat PGM-Fi non ISS tahun 2013

Gambar diatas merupakan nomer-nomer kaki pada relay starter buatan OMRON dengan kode G4R-ID ini yang ternyata juga dipakai untuk sepeda motor selain honda beat PGM-Fi non ISS tahun 2013. Nah berikut adalah cara pengujian/ pengecekan/ test untuk menentukan apakah secara fungsi, relay ini masih baik ataukah sudah rusak.

  1. Pengetesan nilai tahanan atau ketersambungan koil relay. Gunakan multimeter dengan selektor diposisi ohm meter/ continuity untuk mengetes apakah koil didalam internal kaki nomer 1 dan kaki nomer 2 masih tersambung (tidak putus). Hubungkan kaki relay nomer 2 dengan kabel/ probe merah multimeter dan kaki relay nomer 1 dihubungkan dengan probe hitam multimeter. Jika multimeter menunjukkan angka tahanan tertentu atau berbunyi, maka berarti koil didalam relay tersebut masih tersambung. Sebaliknya, jika multimeter tidak menunjukkan angka tertentu atau tidak berbunyi, maka itu berarti koil di dalam relay putus. Koil yang putus tidak akan membuat elektromagnet didalam relay, dan solusinya adalah ganti relay dengan relay yang bagus.
  2. Pengetesan dengan suara, fungsi koil relay. Dengan menggunakan tegangan listrik positif 12 volt dari baterai/ aki yang dihubungkan dengan kaki nomer 2 relay, dan tegangan negatif baterai/ aki terhubung dengan kaki nomer satu relay, dengarkan apakah ada suara "klik" ketika hal itu dilakukan. Suara klik mengindikasikan bahwa koil telah berfungsi dengan baik dengan menghasilkan elektromagnet dan berhasil menarik kontak poin yang terdapat didalam internal relay terhubung/ terputus
  3. Pengetesan ketersambungan kontak power suplai dan pemakai (fungsi kaki nomer 3 dan kaki nomer 5). Ketika fungsi koil telah dinyatakan baik melalui pengetesan suara sebagaimana dilakukan pada poin 2, maka biarkan kedua kaki koil tetap terhubung dengan positif dan negatif bateri/ aki. Kemudian dengan multimeter di posisi ohm meter atau continuity, maka hubungkan probe positif multimeter dengan kaki nomer 3 relay, dan probe negatif multimeter dengan kaki nomer 5 relay. Relay yang bagus ditandai dengan munculnya angka pada layar multimeter atau munculnya suara pada pengukuran kontinuitas. Sebaliknya, jika tidak terdapat angka atau tertampil OL pada layar multimeter atau tidak ada suara maka bisa dipastikan bahwa kontak power suplai dan pemakai didalam internal relay mengalami kerusakan/ open circuit.
Jadi, sebenarnya terdapat beberapa macam pengetesan yang bisa dilakukan didalam relay starter ini yang mana jika salah satu dinyatakan gagal maka berarti gagal pula fungsi relay dan solusinya adalah penggantian dengan relay yang bagus. Semoga beruntung, salam (PRO).
_______________________________________________

Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok yamaha mio karbu

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi