Translate

Fungsi Relay STARTER Honda Beat PGM-Fi non ISS-2013

  Artikel ini mengulas secara sederhana tentang fungsi-fungsi yang terdapat pada relay starter pada honda beat pgm-fi non ISS tahun 2013. Referensi berasal dari web pembuat relay merek OMRONservice manual honda beat pgm-fi dan DIY motohoby ketika menjalankan hoby nya. Artikel ini akan membantu Bro-Sis dalam mendapatkan pemahaman lebih baik terkait fungsi-fungsi relay starter pada honda beat pgm-fi model tahun pertama ini.

relay starter Honda Beat PGM-Fi non ISS-2013

Relay buatan OMRON dengan kode G4R-ID, 12VDC ini berfungsi untuk mengontrol power suplai/ arus listrik positif dari baterai/aki untuk sistem motor starter. Relay ini memiliki penampilan empat kaki, dimana dua kaki untuk koil, dan dua kaki lainnya untuk kontrol arus tinggi. 

Kegagalan fungsi relay ini juaga akan menyebabkan kegagalan mengaktifkan motor starter/ dinamo starter. 

Jika diperhatikan, terdapat angka-angka/ nomer disetiap kaki-kakinya:

  1. Kaki nomer 1, merupakan kaki ground/ negatif koil di dalam relay. Apabila kaki ini "terhubung" dengan ground, dan kaki nomer 2 mendapatkan power suplai positif (+) maka koil didalam relay ini akan aktif, dan menjadi elektromagnet. Sayangnya, untuk membuat kaki nomer 1 ini terhubung dengan ground harus melewati ECM sistem injeksi dahulu. Dengan kata lain, terjadinya grounding atau tidak untuk koil relay starter ini dikendalikan oleh ECM ini. Software yang telah diprogram ke dalam ECM akan memastikan bahwa grounding hanya akan terjadi dalam kondisi yang dikehendaki oleh ECM saja.
  2. Kaki nomer 2. Kaki ini akan mendapatkan power suplai tegangan positif setelah kunci kontak ON. Satu hal yang perlu disinggung kembali adalah power suplai tegangan positif untuk kunci kontak berasal dari salah satu kaki kiprok, bukan langsung dari kutup positif baterai/ aki.
  3. Kaki nomer 3. Kaki ini memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan kaki nomer 1 dan nomer 2. Ukuranya yang besar akan memastikan bahwa arus besar yang melewatinya akan mengalir dengan lancar tanpa kendala. Kaki nomer 3 ini terhubung langsung dengan kutup positif baterai/ aki dengan ukuran kabel yang besar.
  4. Kaki nomer 5. Kaki ini terhubung dengan kaki positif motor starter. Secara desain, kontak poin internal yang ada didalam relay ini akan menghubungkan kaki nomer 3 terhadap kaki nomer 5 melalui tarikan batang magnetik yang tertarik/ digerakkan oleh gaya magnet hasil dari elektromagnet koil didalam relay (kaki nomer 2 dan kaki nomer 1).
Cara kerja relay starter ini lebih detail diulas pada edisi cara kerja relay starter honda beat PGM-FI dan cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI. Semoga beruntung, salam (PRO).

---------------------------------------------------------







Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok yamaha mio karbu

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi