Translate

Kaki-kaki relay utama-honda beat PGM-Fi non ISS tahun 2013

Artikel ini mengulas secara sederhana tentang fungsi-fungsi yang terdapat pada kaki relay utama honda beat PGM-Fi non ISS tahun 2013. Referensi berasal dari web pembuat relay merek OMRON, service manual honda beat pgm-fi dan DIY motohoby ketika menjalankan hoby nya. Artikel ini akan membantu Bro-Sis dalam mendapatkan pemahaman lebih baik terkait kaki-kaki relay utama untuk digunakan dalam berbagai kebutuhan termasuk kebutuhan penyelesaian masalah/ trouble shooting pada sistem kelistrikan sekunder.

Nomer kaki-kaki relay low profile micro ISO

Membaca tulisan-tulisan pada body relay nya, relay utama honda beat PGM-Fi non ISS tahun 2013 ini adalah buatan OMRON dengan kode G8HL-H71, 12 VDC, 120 Ω. Relay empat kaki ini masuk dalam kategori small power relay dengan standardisasi low profile micro ISO relay. Secara dimensi, relay ini memiliki ukuran tinggi setengah dari tipe relay micro ISO. Ukurannya yang "kecil" mejadikannya sangat hemat ruang.

Relay utama dan relay starter buatan OMRON yang digunakan didalam honda beat PGM-Fi non ISS tahun 2013 ini tidak lagi menggunakan penomoran kaki berdasarkan standardisasi DIN 72552 sebagaimana telah diulas motohoby di edisi 30 juni 2020. Selain menggunakan kode/nomer kaki yang berbeda, relay ini juga tidak mencetak nomer kaki di body relaynya. Beruntung karena informasi kode/ nomor kaki tipe ini tersedia di web OMRON.

Nah, berikut adalah kode/ nomer kaki-kaki pada relay utama buatan OMRON dengan kode tipe G8HL ini berikut persamaannya dengan kode kaki DIN 72552, semoga beruntung, salam (PRO)

Kaki dengan kode 1= koil relay + [ 86 DIN 72552], mendapatkan tegangan positif 12 V ketika kunci kontak ON

Kaki dengan kode 2= koil relay -  [ 85 DIN 72552], mendapatkan tegangan negatif 0 V dari ECM

Kaki dengan kode 3= from battery + direct [ 30 DIN 72552], mendapatkan tegangan positif 12 V dari baterai/ aki via sekring 10 A

Kaki dengan kode 5= common contact [ 87 DIN 72552],menuju sistem yang membutuhkan tegangan positif 12 V






-----------------------------------------------

ECM= electronic control module (ECU sistem injeksi bahan bakar PGM-Fi)

Referensi gambar relay starter= honda cengkareng.com


Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok yamaha mio karbu

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi