Translate

Sejarah engine Diesel

 Artikel ini mengulas tentang bagaimana engine Diesel dikembangkan hingga menjadi engine yang handal hingga hari ini. Referensi terbatas ini berasal dari materi ajar Diesel engine fundamental  Volvo constuction equipment, salah satu pabrikan pembuat engine Diesel, yang motohoby gunakan ketika memberikan training basic engine. Pembuat engine Diesel yang lain bisa saja memiliki versi sejarah yang berbeda.

Rudolf Diesel medapatkan paten dari sebuah tipe "engine baru" ditahun 1892. Tipe engine baru ini jauh lebih efisien jika dibandingkan dengan tipe engine-engine yang telah diciptakan oleh insinyur-insinyur sebelumnya, dan bisa beroperasi dengan bahan bakar selain "petrol"/ bensin. Ketika tipe engine baru ini diciptakan, bahan bakar yang digunakan adalah serbuk/ debu batu bara, tapi tidak lama kemudian bahan bakar digantikan menjadi bahan bakar cair.

Engine Diesel pertama kali didunia selesai diciptakan ditahun 1893, atau setahun setelah Rudolf Diesel mendapatkan paten dari tipe engine baru nya. Masih banyak masalah yang terjadi pada engine ini ditahun 1893 ini, bahkan untuk "menghidupkan" dirinya sendiri saja engine ini masih kesulitan. Jelas, ketika engine ini diciptakan ditahun itu tenaganya sangat kecil. Pengembangan terus dilakukan oleh Rudolf Diesel, bahkan sebelum 1897 engine baru ini terus dikembangkan dan dilengkapi dengan berbagai sistem yang sama sekali berubah dari sistem yang ada ketika engine baru ini pertama kali diciptakan. 

Engine "Diesel" pertama diciptakan dalam ukuran yang sangat besar (tinggi 3 meter, diameter silinder 220mm dan panjang langkah piston 400mm), lamban dan bertenaga sangat kecil. Bahkan tidak bisa digunakan untuk penggerak kendaraan. Hingga akhirnya ditahun 1898, MAN, sebuah perusahaan pembuat engine dari Augsburg Jerman berhasil membuat engine "Diesel" dua silinder yang dapat menghasilkan 50 daya kuda dan bekerja hingga tahun 1930. Engine buatan MAN ini digunakan untuk menggerakkan mesin-mesin pabrik.

Awal tahun 1920, engine "Diesel" berhasil dikembangkan hingga bisa digunakan untuk kendaraan. Salah satu dari yang pertama membuanya adalah Benz, dari 1922 sudah membuat engine "Diesel"dua silinder, bertenaga 30 daya kuda, yang bisa dipasang untuk truck Daimler-Benz yang dibuatnya ditahun itu.

Sepuluh tahun kemudian, engine "Diesel" untuk mobil berhasil diciptakan oleh Benz ini, dengan kapasitas yang sama dengan engine yang digunakan untuk truck ketika itu tapi dengan 15 daya kuda lebih besar, yaitu 45 daya kuda.  

Rudolf Diesel, meninggal ditahun 1913, jauh sebelum engine tipe baru ini diberi nama "Diesel" oleh para pembuatnya. Salam (PRO)

Engine Diesel tahun ke tahun

Referensi video:

The Diesel story



Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok yamaha mio karbu

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi