Translate

Berapa efisiensi engine Diesel ?

  Artikel ini mengulas tentang sebesar apakah efisiensi engine Diesel. Referensi berasal dari materi ajar Diesel engine fundamental  Volvo constuction equipment, salah satu pabrikan pembuat engine Diesel. Dengan menggunakan diagram sankey, efisiensi engine Diesel tersebut dijelaskan. Pembuat engine Diesel yang lain bisa saja memiliki informasi tentang efisiensi engine Diesel ini berbeda.

Engine Diesel dikatakan sebagai engine yang pelit terhadap konsumsi bahan bakar jika dibandingkan dengan konsumsi bahan bakar yang dihabiskan untuk engine bensin dengan kapasitas yang sama. Bahan bakar mengandung energi kimia, oleh engine, energi kimia dirubah menjadi gaya mekanis. Gaya mekanis yang dihasilkan oleh engine diperoleh dari panas akibat pembekaran bahan bakar didalam ruang bakarnya. 

Sayangnya, proses merubah energi ini tidak bisa terjadi tanpa adanya kerugian/ kehilangan. 

Artinya, selama proses "konversi energi" ini, panas dari pembakaran bahan bakar tidak 100 % menjadi gaya mekanis, melainkan terbuang melalui beberapa bagian yang menyertai proses pengkonversian energi ini.

Berikut adalah beberapa kerugian panas/ kehilangan panas yang terjadi pada engine Diesel,

  1. Kehilangan panas via sistem pendinginan/ cooling system. Sistem pendinginan berfungsi untuk menurunkan temperatur engine agar engine tidak hancur akibat material fatigue karena panas berlebihan. Karenanya, sistem pendinginan engine menjadi wajib ada, sehingga engine bisa bekerja dan memiliki usia pakai lebih lama. Proses pendinginan berlangsung dengan cara penyerapan panas oleh coolant yang bersirkulasi didalam blok engine. Semakin banyak pendinginan yang terjadi, maka berarti semakin banyak panas yang diserap oleh coolant ini, dan kehilangan panas akan semakin banyak. Akhirnya sistem pendingin ini mengurangi efisiensi engine Diesel. Sistem pendinginan ini menyerap panas sekitar 25 %
  2. Kehilangan panas via sistem exhaust/ gas buang. Gas buang yang "meninggalkan" ruang bakar di setiap langkah buang sebenarnya membawa "energi panas". Bahkan tekanan pembakaran yang seharusnya terpakai semuanya untuk mendorong piston juga akan terbuang bersama gas buang ketika langkah buang. Temperatur gas buang ketika langkah buang ini masih tinggi, berkisar antara 500°C - 600°C, bukti bahwa energi panas ikut terbawa gas buang. Temperatur gas buang sepanas ini berarti  25% dari seluruh energi panas yang dihasilkan oleh engine.
  3. Kehilangan panas visa gesekan/ mekanisme engine. Komponen-komponen didalam engine sebisa mungkin dirancang untuk tidak saling "menyentuh" satu sama lain. Adanya lapisan oli yang sangat tipis diantara mereka memungkinkan setiap komponen engine tidak menyentuh satu sama lain. Sentuhan disahakan sekecil mungkin, karena sentuhan ini berarti bahwa setiap komponen bergesekan satu sama lain. Bagaimanapun, gesekan-gesekan mekanis ini akan menyerap energi agar semua komponen tetap terus bergerak sesuai dengan fungsinya masing-masing. Dibutuhkan sekitar 10% energi untuk menggerakkan komponen-komponen engine ini.
Nah, secara teori, untuk meningkatkan efisiensi engine Diesel, maka setidaknya ketiga faktor yang menghasilkan kerugian/ kehilangan energi panas itu harus didesain agar sekecil mungkin. Mendesain sistem pendinginan yang mampu mempertahankan temperatur kerja ideal, memanfaatkan energi gas buang untuk menggerakkan turbocharger, dan mempergunakan oli dengan kualitas yang tepat adalah contoh cara mengurangi kerugian dan memperbaikai efisiensi. 
Semoga beruntung, salam (PRO)
Diagram Sankey efisiensi engine Diesel



Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok yamaha mio karbu

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi