Translate

PT fuel system

 Artikel ini secara sederhana mengulas tentang salah satu jenis sistem bahan bakar pada engine Diesel yang digunakan pada engine Cummins. Dengan mengetahui desain dan fungsi sistem bahan bakar PT ini, maka keperluan-keperluan yang membutuhkan informasi terkait sistem bahan bakar pada engine Cummins NT855 semoga akan cukup terbantu. 

Konsep pressure-time (PT) diterapkan didalam injector untuk mendapatkan variasi tekanan injeksi dan waktu injeksi. Pressure (tekanan) yang dimaksud adalah tekanan bahan bakar pengisi (feed) atau juga disebut tekanan rail, yang dihasilkan melalui pompa bahan bakar tipe gear pump. Pompa gear pump ini berputar bersama putaran engine, yang secara positif menghasilkan flow bahan bakar yang terus bertambah seiring dengan pertambahan RPM engine. Pompa gear pump yang selanjutnya disebut sebagai PT fuel pump ini terpasang secara internal bersama governor, poros throttle, AFC (air fuel control) dan sistem pendukung yang lain. 

PT Pump

Flow yang terus bevariasi seiring perubahan RPM engine ini yang akhirnya menghasilkan tekanan (pressure) bahan bakar yang juga bervariasi. Ketika bahan bakar dengan nilai tekanan berbeda-beda tersebut masuk ke untuk "mengisi" injector maka akan dihasilkan jumlah bahan bakar yang berbeda-beda. Semakin tinggi tekanan bahan bakar didalam rail, maka akan semakin banyak jumlah bahan bakar yang akan mengisi injector

Sebagaimana konsep dasar pengaturan tenaga (torsi) pada engine Diesel, bahwa untuk mendapatkan torsi engine yang lebih besar maka dibutuhkan injeksi bahan bakar yang lebih banyak. Ketika jumlah bahan bakar yang dibutuhkan untuk menghasilkan tenaga lebih besar tercukupi, maka torsi yang dihasilkan oleh engine akan bertambah besar dan dampaknya RPM engine akan ikut bertambah. Semakin tinggi RPM engine, maka akan semakin "sempit" waktu (time) yang tersedia bagi injector untuk menginjeksikan bahan bakar yang lebih banyak. Semakin tinggi RPM engine juga menyebabkan makin "sempitnya" waktu (time) yang tersedia untuk membakar habis bahan bakar yang telah di injeksikan oleh injector ke dalam ruang bakar.

Fungsi waktu (time) pada sistem bahan bakar PT sejatinya adalah fungsi advance dan retard waktu penginjeksian oleh injector. Fungsi ini dilakukan oleh volume bahan bakar yang berhasil masuk ke dalam injector cup, yaitu sebuah ruang sempit yang terisi bahan bakar tepat dibawah plunger injector ketika plunger injector bergerak keatas. Semakin banyak bahan bakar yang berhasil masuk, maka akan semakin awal waktu (time) penginjeksian terjadi. Semoga beruntung, salam (PRO)

Desain dan fungsi injektor PT






Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok yamaha mio karbu

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi