Translate

Cara hitung prediksi usia pakai tersisa V-belt/ sabuk CVT

 Artukel ini akan memberikan dasar pengetahuan untuk memprediksi usia pakai belt/ sabuk CVT. Pada ulasan kali ini mengambil contoh v-belt/ sabuk CVT pada yamaha mio karbu rakitan tahun 2023. Jika Bro- Sis dapat memahami dasar-dasar prediksi ini, tidak tertutup kemungkinan Bro-Sis akan mampu membuat prediksi usia pakai tersisa untuk element/ part/ komponen-komponen yang lain.

Sebelum Bro-Sis dapat melakukan prediksi usia pakai tersisa untuk element/ part/ komponen-komponen, terlebih dahulu persiapkan data-data sebagai berikut:

  1. Angka odometer/ jarak tempuh. Angka jarak tempuh sangat penting digunakan sebagai faktor perhitungan, dari angka jarak tempuh ini selanjutnya bisa dikonversi menjadi perkiraan usia pakai tersisa dalam satuan hari. Karenanya, penting untuk selalu menjaga agar sistem pembaca jarak tempuh/ odometer pada kendaraan bekerja dengan baik.
  2. Spesifikasi ukuran element/ part/ komponen dalam kondisi baru (original). Ukuran ini bisa diketahui dari buku service manual. Angka ini akan menjadi referensi untuk dibandingkan dengan angka ukuran element/ part/ komponen dalam kondisi batas masa pakai nya
  3. Spesifikasi ukuran element/ part/ komponen dalam kondisi batas maksimal (batas penggantian). Ukuran ini juga bisa diketahui dari buku service manual. Angka ini akan menjadi referensi untuk dibandingkan dengan angka ukuran element/ part/ komponen dalam kondisi baru
  4. Angka hasil pengukuran aktual ukuran element/ part/ komponen. Angka ini akan menjadi angka referensi selanjutnya sebelum angka prediksi dihasilkan.
Kita akan coba aplikasikan untuk contoh kasus hitung prediksi usia pakai tersisa V-belt/ sabuk CVT pada yamaha mio karbu 2003. 
  •  Diketahui angka odometer (km) menunjukkan= 19500
  • Spesifikasi ukuran v-belt baru= 18,2 mm
  • Spesifikasi ukuran v-belt maksimal= 17,2 mm
  • Aktual pengukuran v-belt= 17,8 mm
rumus dasar, hitung prediksi usia pakai tersisa

Nah, berdasarkan data-data dan rumus dasar tersebut maka dapat diprediksikan bahwa usia pakai tersisa V-belt/ sabuk CVT tinggal 2222,2 km lagi. Berikut dibawah ini perincianya, semoga beruntung, salam (PRO).

Prediksi usia pakai tersisa v-belt CVT

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Spesifikasi ukuran baru dan batas maksimal ukuran v-belt CVT yamaha mio 2003




Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok yamaha mio karbu

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi