Translate

Cara Kerja Lampu Jauh-Dekat Nissan Grand Livina L10

 Artikel ini mengulas cara kerja lampu jauh- dekat nissan grand livina L10. Memiliki pengetahuan ini akan membantu Bro-Sis dalam melakukan diagnosa dalam pekerjaan trouble shooting ataupun melakukan pekerjaan DIY pada model kendaraan ini.

Pada tahun pertama kelahiranya di 2007, lampu jauh dekat pada nissan grand livina sudah menerapkan teknologi yang melampaui jamannya untuk kendaraan penumpang kelas segmen menengah- (kelas Avanza). Bagaimana tidak, ketika teknologi kelistrikan lampu jauh dekat untuk kendaraan penumpang kelas menengah ditahun itu masih menggunakan platform teknologi kelistrikan konvensional, nissan grand livina telah mengadopsi teknologi CAN BUS untuk menyalakan dan mematikan lampu jauh dekatnya. Walhasil, teknologi menyalakan lampu jauh-dekat tidak lagi berisikan hanya switch kombinasi, sekring, relay, connector dan lampu. Teknologi CAN BUS ini berarti bahwa untuk urusan menyalakan dan mematikan lampu jauh dekat dibutuhkan electronic control module.

Electronic control module yang bertugas untuk mengontrol nyala-mati lampu jauh dekat nissan grand livina L10 disebut BCM (body control module). Fungsi dari BCM ini adalah mengolah signal input dari combination switch lampu jauh-dekat menjadi data input menuju CPU didalam IPDMR. IPDMR inilah yang pada akhirnya akan mengaktifkan relay lampu jauh-dekat melalui jalur negatif koil nya. IPDMR (Intelligent Power Distribution Module Engine Room) pada kenyataan tidak hanya sebuah kotak sekring dan kotak relay, melainkan sebuah modul distribusi power suplai elektronik yang cerdas. Kecerdasanya terletak pada kemampuannya mengontrol arus output untuk semua sistem kelistrikan yang dikendalikannya dengan menggunakan signal data. Tidak hanya itu, bahwa ternyata arus listrik yang dikeluarkan untuk semua sistem yang dikontrolnya juga benar-benar dihitung dengan sangat cermat yang bertujuan untuk memastikan bahwa tidak akan terjadi "kelebihan beban listrik" pada sistem kelistrikan body grand livina L10 ini. 

Tujuan utama sistem kelistrikan cerdas dengan IPDMR ini tentu saja adalah keselamatan kendaraan dan penumpang (tidak terjadi kebakaran yang diakibatkan oleh menyalanya kabel listrik ketika dilewati arus yang berlebihan). 

Cara kerja lampu jauh-dekat nissan grand livina L10 adalah sebagai berikut:

1. Ketika driver mengaktifkan saklar untuk menyalakan lampu dekat via combination switch dalam kondisi kunci kontak ON, maka signal request nyala lampu dekat akan dikirimkan ke BCM.

2. BCM akan merubah signal request tersebut menjadi signal DATA BUS dan dikirimkan ke IPDMR melalui kabel CAN BUS.

3. Data dari CAN BUS diproses oleh ECU didalam internal IPDMR untuk menghasilkan perintah memberikan ground kepada dua buah micro relay lampu dekat (kiri-kanan)

4. Dua buah micro relay yang telah aktif akan mengalirkan tegangan 12 volt menuju filamen lampu melalui sekering 15A nomer 49 untuk lampu dekat kiri dan sekering 15A nomer 50untuk lampu dekat kanan.

5. Jika kedua filament lampu dekat terhubung dengan jalur ground, maka kedua lampu dekat pada grand livina L10 akan menyala. 

Nah, semoga artikel ini cukup membantu Bro-Sis memahami tentang bagaimana cara kerja lampu jauh dekat pada grand livina L10, semoga beruntung dan salam (PRO).

Lokasi IPDMR disebelah baterai setelah engine hood dibuka


 

Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok yamaha mio karbu

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi