Translate

Trim Code Injector

 Artikel ini akan mengulas tentang trim code injector, tentang apa dan kenapa kode tersebut penting didalam fungsi sebuah injector bahan bakar elektronik. Memiliki pengetahuan ini akan membantu Bro-Sis dalam pekerjaan trouble shooting & analisa penyebab pemasalahan yang performa engine Diesel modern yang tidak sesuai harapan.

Pernahkah Bro-Sis perhatikan, bahwa pada body solenoid injector engine Diesel modern, terdapat angka-angka/ kode-kode? Ya, benar angka/ kode-kode tersebut bahkan berbeda antara satu injector dengan injector lainnya.  Angka/ kode-kode tersebut ada yang menyebutnya "trim code" atau "correction code" atau "injector value adjustment registration" atau dengan sebutan lain bergantung pada pembuat engine Diesel yang mempergunakan injector tersebut.

Dalam proses pembuatan injector, setiap injektor diperiksa dan diuji laju aliran/ debit individualnya dan menghasilkan kode kalibrasi khusus. Kode kalibrasi khusus tersebut tertulis di masing-masing injector.

Saat mengganti injector pada Diesel modern, kode kalibrasi (trim code) ini harus di input via tool diagnostic yang dianjurkan oleh pembuat engine Diesel. Engine Volvo menggunakan diagnostic tool yang disebut Volvo Tech Tool, engine Cummins menggunakan diagnostic tool bernama INSITE, dan engine Nissan menggunakan diagnostis tool yang disebut CONSULT. Nah, sekarang sudah tahu bukan, bahwa penggantian injector elektronik pada engine Diesel modern tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada pekerjaan tambahan untuk menginput trim code tersebut/ reprogram ke dalam ECM (electronic control module) via diagnostic tool yang direkomendasikan. Jika hal itu tidak dilakukan maka ECM akan memberikan perintah kepada injector dengan "takaran" yang salah. Hasilnya bisa-bisa engine akan susah untuk hidup, putaran engine tidak stabil, boros konsumsi bahan bakar, atau bahkan mengalami rpm engine tertahan (low power).

Esensi dari kelebihan engine Diesel modern ini adalah bahwa jumlah bahan bakar yang di injeksikan ke dalam masing-masing ruang bakar bisa dibuat berbeda-beda atau bahkan sama persis satu dengan yang lainnya untuk mendapatkan "getaran" engine yang lebih halus, konsumsi bahan bakar yang hemat, tenaga yang lebih besar, dan sisa bahan bakar tidak terbakar lebih sedikit yang berujung pada emisi gas buang yang lebih ramah. Semoga beruntung, salam (PRO)

Trim code injector Volvo
__________________________________

Referensi gambar:

1. https://static.nhtsa.gov/odi/tsbs/2022/MC-10208330-0001.pdf



Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok yamaha mio karbu

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi