Translate

Apa itu EURO 3 ?

 Artikel ini akan menjawab pertanyaan tentang apa itu EURO 3 ? dan mengulas informasi-informasi tambahan lainya terkait standardisasi emisi gas buang di eropa tingkat (stage) 3 ini dan bagaimana penerapannya di suatu negara. Referensi berasal dari berbagai sumber yang disarikan, agar menjadi lebih menarik untuk dipahami.

Standard batas kandungan emisi gas buang euro 3 (NOx dan PM)

Euro 3 adalah salah satu standard emisi di negara eropa tingkatan ke tiga (stage 3)  yang diterapkan pada automobile ataupun kendaraan ber mesin penggerak yang lain. Sama dengan standard emisi gan buang sebelumnya ( euro 2 dan euro 1). Standard emisi ini juga merinci batas-batas maksimal emisi gas buang yang di ijinkan untuk setiap tipe automobile dan setiap tipe kendaraan ber engine penggerak, bahkan tipe bahan bakar yang digunakan juga memiliki batas maksimal kandungan emisi gas buang yang berbeda-beda. 

Jadi, standard batasan maksimal angka emisi-emisi gas buang euro 3 untuk mobil bahan bakar bensin akan berbeda dengan mobil berbahan bakar Diesel. Pun juga antara mobil penumpang, sepeda motor, truck ringan-berat, dan alat berat.

Serupa dengan prinsip yang digunakan pada tingkatan euro yang lain, untuk mengetahui kandungan-kandungan zat-zat emisi gas buang, maka dilakukanlah pengambilan data melalui pengujian gas buang dengan gas analyzer. Hanya saja, setiap tingkatan euro untuk tipe kendaraan berbeda menggunakan metode/ kaidah yang berbeda-beda. Untuk kendaraan penumpang, euro 3 menggunakan metode New European Driving Cycle (NEDC), sementara untuk sepeda motor menggunakan metode ECE Reg 74. Nah untuk truck dan alat berat, metode pengujian euro 3 menggunakan European Stationary Cycle (ESC) dan European Transient Cycle (ETC). Berikut batasan kandungan emisi gas buang berdasarkan standardisasi euro 3 di eropa untuk beberapa tipe kendaraan. 

Di Indonesia, penerapan euro ini sudah dimulai semenjak beberapa tahun yang lalu tapi baru direspons masyarakat bersama pemerintah khususnya pengguna kendaraan bermotor dalam beberapa tahun terakhir melalui uji emisi gas buang. Memang pada kenyataannya, kualitas bahan bakar perperan penting dalam upaya untuk menciptakan emisi gas buang sesuai standarisasi euro, sehingga penerapannya paling memungkinankan dilakukan pada kendaraan bermotor yang secara kualitas bahan bakar dan teknologi engine nya sudah siap dan relatif terstandard. Semoga beruntung, salam (PRO)

Standard batas emisi gas buang euro 3 di eropa untuk beberapa kandungan selain Nox dan PM 



Referensi:

Sumber ilustrasi bus euro3= https://bisnis.tempo.co/read/495717/dpr-jangan-sampai-tarif-bus-naik-dua-kali

Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok yamaha mio karbu

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi