Translate

Transmisi ZF 4WG200 - general overview

Artikel ini mengulas tentang informasi umum Transmisi ZF 4WG200. Memiliki pengetahuan ini akan membantu Bro-Sis dalam identifikasi yang berguna untuk berbagai kebutuhan terkait identifikasi/ familiarisasi/ pengenalan transmisi ZF 4WG200.

ZF, yang merupakan singkatan dari bahasa jerman Zahnradfabrik yang berarti pabrik roda gigi membuat transmisi ZF 4WG200 untuk aplikasi transmisi power shift. Angka 4 menunjukkan 4 speedgear maju, WG menunjukkan singkatan dari bahasa jerman Wandler Getriebe yang berarti torque converter, 200 menunjukkan power maximum yang bisa dihasilkan yaitu sebesar 200kW. Transmisi model ini banyak digunakan untuk aplikasi pada wheel loader.

Sebagaimana makna dari power steering, bahwa kemudi roda-roda dilakukan dengan oleh tangan pengemudi via roda kemudi yang kemudian mengaktifkan sistem tenaga (sistem hidrolik/ motor listrik) untuk menggerakkan mekanisme kemudi pada roda-roda. Power steering ini menjadikan roda kemudi lebih ringan untuk diputar oleh pengemudi dalam semua kondisi. 

Begitu halnya dengan power shift pada transmisi ZF 4WG200 ini, yang berarti bahwa proses shifting/ perpindahan SETIAP gear didalam gearbox transmisi dilakukan oleh "power" yang berasal dari sistem elektro-hidrolik berdasarkan tuas transmisi yang dioperasikan oleh operator/ pengemudi disetiap posisi gear yang diinginkan. 

Mekanisme gear box didalam transmisi ZF 4WG200 menggunakan sistem counter shaft. Gear pada satu rasio gear bertaut secara bebas berputar pada beberapa input shaft dan output shaft. Clutch pada setiap posisi gear akan menghubungkan putaran input shaft terhadap gear yang pada awalnya berputar bebas pada shaft tersebut.  Kemudian clutch pada shaft yang lain juga melakukan hal yang sama pada gear yang terkait dengan gear yang baru saja terhubung sebelumnya, sehingga terjadi penyaluran putaran dari input shaft  gear penggerak  gear yang digerakkan → out put shaft

Untuk dapat bekerja, transmisi ZF 4WG200 dengan torque converter ini membutuhkan:

  1. Tuas posisi transmisi elektronik.
  2. Electronic control module.
  3. Solenoid block dan transmission control valve.
  4. Sistem monitor tekanan dan temperatur.
Nah, semoga Bro-Sis sudah memiliki cukup gambaran mengenai model transmisi ini, semoga beruntung dan salam (PRO). 
Salah satu model selector transmisi ZF

Internal transmisi ZF4WG200-counter shaft





  

Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok yamaha mio karbu

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi