Translate

3 Fungsi Sensor Knock

 Artikel ini mengulas singkat tentang 3 fungsi sensor knock, yaitu sebuah sensor didalam sistem bahan bakar injeksi pada engine bensin. Memiliki pengetahuan ini akan membantu Bro-Sis dalam memahami secara lebih detail desain dan fungsi pada sistem bahan bakar injeksi engine bensin, yang akan berguna dalam menjawab pertanyaan ataupun menyelesaikan pekerjaan terkait sistem bahan bakar injeksi engine bensin. Referensi berasal dari materi training Nissan Step, training manual Toyota dan buku advance engine technology.

Sensor knock didesain untuk dapat mendeteksi adanya knock/ ketukan yang berasal dari internal engine.  

Ketukan-ketukan tersebut terjadi akibat dari peristiwa detonasi yang terjadi didalam ruang bakar. Peristiwa detonasi tercipta akibat adanya gelombang tekanan yang merambat dengan kecepatan tinggi di dalam silinder. Meskipun dampak perambatan gelombang tekanan tersebut mengenai dinding ruang bakar, tetapi hal itu menyebabkan seluruh engine menjadi bergetar tidak wajar. 

Nah, dari sini bisa dipahami bahwa sensor knock sebenarnya bekerja dengan cara mendeteksi adanya getaran yang tidak wajar. Sehingga tentu saja peran sensor knock adalah untuk memperbaiki situasi ketika terjadi detonasi, dan hal ini menjadi penting karena detonasi akan menyebabkan: 

  1. Pre-ignition, atau pembakaran premature yang menyebabkan tekanan dan temperatur didalam ruang bakar meningkat secara tidak wajar
  2. Hilangnya/ terbakar/ menguapnya lapisan oli/ oil film antara dinding silinder dan piston akibat panas berlebihan didalam ruang bakar ketika terjadi detonasi. Hal ini akan menyebabkan keausan berlebihan antara dinding silinder dan dinding piston
  3. Beban berlebihan terhadap pin piston dan pin bushing pada piston, bearing connecting rod small end. Hal ini akan menyebabkan keausan tidak wajar pada bushing pin piston dan bearing small end connecting rod.
3 fungsi sensor knock tersebut dapat dilakukan ketika electronic control unit (ECU), atau electronic control module (ECM) engine mendapatkan masukan/ input data dari sensor knock ini ketika knocking terjadi. Nah, selanjutnya ECU ataupun ECM akan merespon adanya knocking dengan cara memundurkan waktu/ timing pengapian hingga knocking tidak terjadi lagi. 

Secara prinsip, sensor knock ini bekerja dengan cara merubah getaran pada blok engine yang berlebihan menjadi tegangan listrik. Prinsip kerja ini bisa dilakukan karena sensor knock ini dibuat dengan bahan/ material piezoelectric. Nah semoga beruntung, salam (PRO). 

Knock sensor dan lokasinya pada blok engine (Nissan)




Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok yamaha mio karbu

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi