Translate

Apa Penyebab Oli Engine Boros ?

 Artikel ini akan menjawab pertanyaan tentang penyebab oli mesin/ oli engine berkurang seiring pengoperasian alat berat. Referensi berasal dari  informasi service yang diterbitkan pada tahun 2008 oleh salah satu manufacture engine Diesel dari negeri para Viking.

Konsumsi oli engine dalam banyak kasus digunakan sebagai ukuran kondisi kesehatan sebuah engine. Secara normal, semua engine membutuhkan beberapa jumlah oli engine untuk mendukungnya bekerja dengan baik. Lapisan oli tipis/ oil film yang melumasi piston ring paling atas terbakar bersamaan dengan bahan bakar, yang secara berangsur-angsur mengurangi jumlah oli/ level oli didalam oil pan. Jadi, dalam bekerjanya sebuah engine, sebagian oli berkurang bersamaan dengan terbakarnya bahan bakar didalam ruang bakar adalah hal yang normal/ wajar. Tapi menjadi persoalan besar  ketika konsumsi oli engine ini boros/ tidak normal melebihi batas maksimal yang ditetapkan.

Tentu saja ada faktor-faktor lainnya yang mempengaruhi konsumsi oli engine selain: (1) Kondisi pengoperasian dan (2) Kondisi kesehatan engine, tapi fokus pada me-manage dua faktor tersebut sudah sangat efektif mengurangi konsumsi oli engine

Nah, berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi oli engine dari dua faktor utama diatas:

1. Kondisi pengoperasian engine

  • Engine dengan displacement/ cc yang lebih besar akan "mengkonsumsi" oli engine lebih banyak jika dibandingkan dengan engine dengan displacement/ cc yang lebih kecil
  • Level oli/ jumlah oli didalam oil pan terlalu banyak
  • Viscositas oli terlalu rendah/ terlalu encer
  • Mengoperasikan engine terus menerus pada RPM tinggi
  • Terlalu sering menggunakan engine retarder
  • Idling/ running dalam kondisi RPM rendah terlalu lama

2. Kondisi kesehatan engine

  • Ring piston yang rusak/ aus, oil scraper ring yang aus, piston yang aus, silinder yang aus, valve guide yang aus
Nah, sekarang Bro-Sis sudah tahu 7 penyebab oli engine boros dan semoga semakin percaya diri untuk mempelajari lebih lanjut, termasuk cara menghitung konsumsi oli engine dan berapakah  ukuran yang wajar/ normal untuk sebuah  konsumsi oli engine. Semoga beruntung, salam (PRO)

----------------------------

Tautan:

1. Cara hitung konsumsi oli engine dan berapakah ukuran wajar

Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Kiprok yamaha mio karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO