Translate

Menambah Oli Engine Setiap Hari Apakah Wajar ?

 Artikel ini mengulas tentang seberapa banyak penambahan oli engine pada alat berat dikatakan wajar atau normal. Memiliki pengetahuan ini akan menjadikan Bro-Sis memiliki alternatif jawaban terkait pertanyaan/ keluhan Customer alat berat terkait penambahan oli engine yang dirasa cukup sering ataupun cukup banyak. Referensi berasal dari buletin yang di release oleh beberapa manufacture pembuat engine.

Dalam prakteknya, kondisi pengoperasian alat berat yang sangat luar biasa ekstrim akan menyebabkan oli engine berkurang waktu ke waktu. Beruntungnya, beberapa pembuat engine telah meneliti terhadap engine yang telah dibuatnya terkait dengan seberapa banyak jumlah oli engine yang berkurang ini, sehingga jumlah oli engine yang di "konsumsi" tersebut menjadi acuan wajar atau tidaknya penambahan oli. 

Cummins telah mengeluarkan beberapa standard normal jumlah maximal oli engine yang ditambahkan pada engine buatannya. Sehingga apabila jumlah oli engine yang ditambahkan masih lebih sedikit dari pada angka acuan yang bisa diterima/ acceptable maka dikatakan bahwa menambah oli engine setiap hari adalah wajar. Sebaliknya apabila jumlah oli engine yang ditambahkan lebih banyak dari pada angka acuan yang bisa diterima/ acceptable maka dikatakan bahwa menambah oli engine setiap hari adalah tidak wajar. 

Berikut tabel konsumsi oli engine dan batas yang diterima beberapa model engine Cummins, yang diartikan sebagai berikut:

Engine family QSK19 normal, batas maksimal yang diterima, setiap satu liter oli engine akan dikonsumsi selama 3,2 jam operasi engine. Nah sehingga ketika penambahan oli engine sudah lebih dari 1 (satu) liter per 3,2 jam operasi, maka dinyatakan konsumsi oli engine nya tidak wajar dan harus segera dilakukan investigasi lebih lanjut untuk mendapatkan solusi. Untuk beberapa family engine yang lain, silakan baca tabel berikut.

Batas yang diterima konsumsi oli beberapa engine Cummins

 Berbeda lagi dengan merek Volvo, bahwa mereka telah membuat standarisasi dalam satuan % (persen) untuk mendapatkan angka konsumsi oli engine. Bahkan Volvo memberikan rumus yang cukup sederhana sehingga Customer dapat menggunakannya. Volvo berpendapat bahwa konsumsi oli engine akan seiring dengan jumlah bahan bakar yang di konsumsi selama engine beroperasi. Nah perbandingan antara total oli yang di konsumsi dengan total bahan bakar yang dikonsumsi ini lah yang akan menghasilkan engine oil consumption rate. Lebih mudahnya, simak rumus perhitungannya berikut:

Rumus hitung konsumsi oli engine Volvo

Contoh: sebuah engine volvo selama 250 HM mengkonsumsi oli engine sebanyaka 18 liter dan mengkonsumsi bahan bakar sebanyak 3000 liter. Maka berdasarkan rumus Volvo tersebut akan didapatkan angka engine oil consumption rate sebesar 0,6 %, melalui hasil hitung berikut:

18 / 3000 x 100 % = 0.6 %

Volvo membuat standardisasi bahwa apabila konsumsi oli engine sebesar 0, 45 % atau kurang, dalam kondisi engine bekerja dalam semua kondisi beban dinyatakan konsumsi oli nya diterima/ OK. Sehingga apabila konsumsi oli lebih dari 0,45 % baru disebut sebagai konsumsi oli engine boros/ tidak wajar.  

Nah, semoga sekarang Bro-Sis telah memiliki pemahaman tentang beberapa alternatif jawaban terkait pertanyaan "Menambah Oli Engine Setiap Hari Apakah Wajar ?". semoga beruntung dan, salam (PRO)


 

Postingan populer dari blog ini

Cara pasang relay yang benar?

Jalur kiprok honda beat karbu

Kiprok yamaha mio karbu

Arti angka-angka pada relay

Kiprok honda beat karbu

Cara Kerja Kiprok Honda Beat PGM-FI

Sensor-sensor injeksi Honda Beat PGM-FI

Cara kerja sistem starter elektrik Honda beat PGM-FI

Fungsi Relay Utama Honda Beat PGM-Fi

RANGKAIAN RELAY LAMPU JAUH-DEKAT UNTUK SISTEM KELISTRIKAN LAMPU NON AHO